Forum Perangkat Daerah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten Tahun 2018
23-02-2018 00:22:52 - DIKBUD BANTEN
Bagikan ke:
Facebook Twitter Google+ Email WhatsApp

Betempat di gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Banten, Pandeglang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten melaksanakan Forum Perangkat Daerah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten Tahun 2018, 22 Februari 2018. Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Banten, Kepala Dikbud Banten, Sekretaris Dinas, serta pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten, Kepala Cabang Dinas kabupaten dan kota, seluruh kepala SMA, SMK dan SKH negeri, para pengawas sekolah serta instansi terkait.

Pada pembukaan acara, Kepala Dinas Kosasih Samanhudi menyampaikan terima kasih kepada Sekretaris Daerah Provinsi Banten Ranta Soeharta yang telah bersedia hadir pada acara pendidikan. Kadis juga mengapresiasi kehadiran peserta terutama para kepala sekolah. “Guru sangat penting bagi kemajuan suatu bangsa”, sebut Kadis sembari menceritakan bagaimana Kaisar Jepang Hirohito terlebih dahulu mencari guru pasca dua kota di Jepang, Herosima dan Nagasaki, di bom oleh sekutu.

Kesempatan tersebut juga Kepala Dinas memaparkan tentang kinerja Dikbud Banten dalam upaya memajukan pendidikan Banten secara keseluruhan selaras visi dan misi Gubernur Wahidin Halim dan Wakil Gubernur Andika HazrumyUntuk peningkatan akses dan pemerataan layanan pendidikan berkualitas dan penguatan budaya lokal, ada 4 hal utama program Dikbud yang saat ini dilaksanakan, peningkatan sarana dan prasaran yang berkualitas, peningkatan kompetensi guru, kompetisi pendidikan pada tingkat daerah sampai internasional, dan memajukan kebudayaan sesuai undang-undang nomor 5 tahun 2017 tentang kemajuan kebudayaan. Salah satu program yang berhubungan dengan upaya meningkatkan kebudayaan adalah program seniman masuk sekolah yang beberapa waktu lalu telah dilakukan pilot project di kurang lebih 90 sekolah. Pada akhir penyampaiannya, Kadis berharap bahwa kegiatan dapat berjalan dengan baik sehingga tersusun rencana kerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten tahun 2019 dengan benar.

Dalam sambutan mewakili Gubernur Banten, Sekretaris Daerah Ranta Soeharta menyatakan permohonan maaf karena Bapak Gubernur Wahidin Halim serta Wakil Gubernur Andika Hazrumy, tidak bisa menghadiri undangan dari Dinas Pendidikan karena Gubernur dan Wakil Gubernur memiliki agenda yang tidak bisa diwakilkan. “Tapi saya pribadi juga sudah lama ingin bertemu dengan seluruh kepala sekolah dan baru saat inilah bisa bertemu”, lanjut Sekda.

Sekda berharap bahwa pada forum ini seluruh elemen Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten dapat mendiskusikan masalah-masalah pendidikan agar tuntus dan jelas untuk penganggaran pada tahun 2019 nanti. Beliau juga prihatin terhadapa banyak masalah yang terjadi di dinas pendidikan karena masalah sepele dan mengganggu kinerja kepala sekolah, sedangkan kepala sekolah dituntut untuk meningkatkan mutu pendidikan. “Hal seperti ini sering kami diskusikan dengan Bapak Gubernur, bagaimana kepala sekolah tidak dikejar-kejar karena masalah sepeleh sehingga bisa konsen pada peningkatan mutu, saya memahami dengan masalah guru dan kepala sekolah karena saya ASN, dan saya juga memahami bahwa tekanan kerja yang kuat juga dialami oleh Kepala Dinas Pendidikan”, tandas Ranta yang telah malang melintang sebagai pelaksanan birokrasi.

Dalam penjelasannya tentang RPJM Gubernur yang berfokus pada, Infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan reformasi birokrasi, maka tahun 2018 pendidikan mendapatkan alokasi anggaran kurang lebih 1,8 triliun. Hal ini melebihi anggaran pada tahun-tahun sebelumnya, membuktikan bahwa Gubernur dan Wakil Gubernur serius dalam memajukan pendidikan provinsi Banten. Maka Sekda berharap diskusi pada forum ini benar-benar dapat menghasilkan sesuatu yang lebih baik. Mengakhir sambutannya, Sekda memotivasi para Kepala Cabang Dinas kabupaten dan kota untuk lebih meningkatkan kinerja kerjanya, terlebih setelah adanya rencana perampingan KCD dari delapan menjadi lima KCD.

Setelah sambutan Sekretaris Daerah, peserta diberikan waktu istirahat. Diskusi akan dilanjutkan pada pukul 13:00 sampai 17:00, disampaikan oleh beberapa narasumber salah satunya Ardius Prihantono sebagai Sekretaris Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten.



Berita Lainnya
Card image
Bimtek Portal Sekolah Khusus SMA Kabupaten Tangerang

Memenuhi undangan dari pengurus MKKSSMA kabupaten Tangerang, sekolah terundang mengirimkan masing-masing 2 orangguru IT untuk mengikuti Bimtek...

14-08-2018 09:51:27
DIKBUD BANTEN

Card image
Rapat Koordinasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Rapat koordinasi para Kepala Sekolah Gugus 1 bulan Agustusdiselenggarakan di Aula SMA Negeri 28 kabupaten Tangerang pada kamis 30 Agustus2018. Hampir ...

31-08-2018 10:30:39
DIKBUD BANTEN

Card image
KCD P dan K Kabupaten Tangerang Melepas Peserta FLS2N SMA Tahun 2018

Sebagai bentuk apresiasi pada beberapa siswa yangtelah mempersiapkan diri secara maksimal sesuai dengan bidang seninyamasing-masing dan sekaligus...

25-07-2018 01:38:18
DIKBUD BANTEN

Card image
Pembukaan Olimpiada Olahraga Siswa SMA Tingkat Kota Tangerang #O2SN Kota Tangerang 2018

Pembukaan Olimpiade OlahragaSiswa SMA tingkat kota Tangerang diselenggarakan di SMA Negeri 7 kotaTangerang. Acara yang dimulai pukul 07:00 dihadiri...

03-04-2018 22:11:12
DIKBUD BANTEN